Jonathan Bachtiar

Mari Lebih Mengenal Masakan Peranakan di Indonesia

Orang Tionghoa yang datang ke Indonesia ingin makan makanan yang sama dengan negara asalnya. Namun, dalam beberapa abad terakhir, ketika globalisasi tidak dikenal, hal ini biasanya mustahil. Suka atau tidak suka, mereka harus menyesuaikan pola makannya dengan bahan-bahan yang hanya bisa didapatkan di luar negeri. Karena dalam beberapa abad terakhir, mereka tidak memiliki istri dan tidak memiliki wanita pribumi yang menikah, sehingga selera dan kebiasaan memasak istri mempengaruhi pola makan mereka. Banyak makanan untuk catering murah telah dibuat untuk mengadaptasi masakan Cina dari berbagai daerah dengan bahan-bahan lokal, rasa dan masakan.

Anak-anak mereka disebut "Tionghoa atau Peranakan Tionghoa" dan mereka belum pernah mencicipi makanan "Tionghoa asli". Mereka terbiasa dengan masakan Cina yang disesuaikan ini dan secara bertahap dikenal sebagai "masakan Peranakan Cina". Selain itu, mereka juga sudah terbiasa dengan makanan lokal yang disukai ibunya.

Daerah yang berbeda memiliki selera yang berbeda pula

Karena menyesuaikan dengan selera lokal, makanan yang disebut Lumpia (biasa disebut lumpia di Jawa Tengah) bisa sangat bervariasi. Bahan utama Lumpia semarang adalah rebung yang rasanya manis dan bisa dimakan dengan kuah kental yang manis, ditambah dengan cabai, acar mentimun dan daun bawang. Bahan utama lumpia Patong adalah jicama. Kulitnya dilapisi bubuk cabai dan selada. Bahan utama lumpia khas Jakarta adalah ubi yang tidak manis dan bisa dimakan dengan cuka selai kacang.

Lomi adalah kuah kental yang dibuat dengan masakan Tionghoa Peranakan di Bogor, rasanya mirip dengan tungau di Semarang dan mungkin merupakan pelopor mie kangkung. Lomi Bogor berbeda dengan Lomi Pekalongan, yang terakhir menggunakan bumbu rebus (darah ayam) dan lo / ngohiong yang lebih “berani”. Beda juga dengan rubber lomi yang ada di kawasan Karet Jakarta lebih mirip "tok". Kuah Capcay Jakarta berwarna putih kecoklatan, agak merah dengan kuah tomat Semarang. Swike Purwodadi di Jawa Tengah juga agak berbeda dengan Swike Cilembu di Jawa Barat, walaupun sama-sama enak.

Kecap dan tauco. Manisnya kecap jawa barat dan jawa tengah memiliki rasa manis yang sangat kentara, sangat kontras dengan kecap cina. Tauco pekalongan juga termasuk jenis makanan manis yang berbeda dengan Xiantian Tauco.

Baca juga : Menu Makanan Pernikahan yang Lazim Dihidangkan di Rumah

Error

Anonymous comments are disabled in this journal

default userpic